Connect with us

News

Rapat APBD-P Sulsel “Di Laut” Dikritisi DPRD

Published

on

Wakil Ketua DPRD Sulsel, Ni'matullah Erbe.

Agakareba.com, Makassar – Gagasan pejabat Gubenur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono menggelar rapat bersama dengan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) serta anggota DPRD membahas APBD Perubahan 2018, “di laut” menuai kritik dan diminta agar dikaji ulang.

“Tentu suasananya pasti berbeda, tetapi ini perlu pertimbangan yang matang sebab kondisi alam Indonesia saat ini sedang diuji, apalagi tidak kondusif, makanya ini harus dikaji ulang,” kata Wakil Ketua DPRD Sulsel, Ni’matullah Erbe di Makassar, Rabu (8/8/2018).

Menurut dia, gagasan rapat bersama untuk membahas APBD Perubahan serta RAPBD 2019 yang akan diikuti 300 pejabat di atas kapal Pelni yang akan berlayar dari Makassar ke Surabaya harus dipikirkan, sebab melihat kondisi saat ini beberapa daerah dilanda bencana. Meski pemerintah provinsi beralasan rapat di atas laut bisa mengefesiensikan anggaran karena saat ini keuangan sedang defisit, namun perlu dicermati juga perubahan-perubahan alam yang sedang terjadi termasuk beban keuangan daerah.

“Apakah nanti kalau ini direalisasikan tidak menggangu stamina para pejabat dan anggota DPRD?. Mengingat perjalanan laut juga punya risiko seperti tinggi gelombang serta ganguan lainnya misalnya ada yang kena mabuk laut,” beber Ketua DPD Demokrat Sulsel itu.Ia menyarankan agar gagasan ini di kaji ulang, atau digantikan rapat bersama di atas kereta api, seperti yang pernah dilakukan Pemprov DKI Jakarta saat membahas APBD bersama pejabatnya.

“Kalau rapat di kereta kan bisa dari Yogyakarta menuju Surabaya, atau sebaliknya. Kan di Sulsel transportasi keretanya belum jalan, tetapi di Pulau Jawa kereta api banyak, ini juga menjadi pengalaman berharga juga buat kami,” papar pria akrab disapa Ulla itu.

Namun, ia menilai gagasan menggelar rapat di atas kapal Pelni merupakan ide brilian dan akan menjadi sejarah, hanya saja perlu dianalisa serta dikaji lebih dalam terutama terkait konsekwensinya.

“Masih banyak tempat di sini kalau mau rapat tanpa harus mengeluarkan anggaran besar. Pada dasarnya kami siap melaksanakan rapat bersama membahas APBD meskipun itu di Makassar,” tambahnya. Sebelumnya, Pj Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono menyampaikan rencana menggelar rapat bersama 300 pejabat pemprov di atas kapal Pelni yang sudah dipesan, untuk membahas APBD Perubahan 2018 dan RAPBB 2019, berlayar dari Makassar menuju Surabaya.

Ia mengatakan pelaksanaannya telah diserahkan kepada Kepala Bappeda Sulsel, Jufri Rahman untuk ditindaklanjuti perencanaannya. Yang jelas kapal Pelni sudah disiapkan untuk membahas APBD bersama tim transisi Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih. “Sederhana saja kan rapatnya kita duduk-dudk bersama dan bisa bekerja semalam suntuk di dalam kapal, dari Makassar menuju Surabaya. Itu sudah disepakati, jadwalnya nanti tunggu laporan Bapedda,” kata Dirjen Otda Kementerian Dalam Negeri tersebut Kepala Bappeda Sulsel, Jufri Rahman mengaku untuk keberangkatan pejabat menggunakan kapal Pelni belum dipastikan, karena masih menunggu kesiapan dan jadwal pejabat gubernur. Kapal Pelni sudah dicarter (disewa). “Nanti setibanya di Surabaya pejabat pulang menggunakan pesawat. Kan ongkos kapal laut jauh lebih murah dari pada naik pesawat pulang pergi, gagasan ini bertujuan untuk efisiensi,” ujarnya.

Secara terpisah pengamat politik dari Unhas, Zulhajar menilai gagasan itu sebagai bentuk pemborosan uang negara di tengah defisit anggaran daerah sebesar Rp121 Miliar, sesuai disampaikan Kepala Bappeda Sulsel Jufri Rahman beberapa waktu lalu.

“Kegiatan rapat bersama di laut hanya menghambur-hamburkan uang, sementara kas daerah Sulsel sedang mengalami defisit. Serapan anggaran juga masih jauh dari harapan, sebaiknya rapat cukup dilaksanakan di Makassar saja,” ucapnya. Staf pengajar program studi Ilmu Politik Unhas ini, beranggapan pejabat gubernur akan mewariskan contoh kurang elok dalam pengelolaan anggaran yang berdampak pada gubernur terpilih yang akan dilantik pada pertengahan September 2018. (mdf)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

News

Prof Andalan Safari Politik ke Selayar

Published

on

Agakareba.com, Makassar – Bakal Calon Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah melakukan safari politik di Kabupaten Selayar, Rabu (10/1/2018). Bupati Bantaeng dua periode ini tiba dengan menggunakan helikopter dan mendarat di Lapangan Pemuda Benteng.

“Ini kunjungan konsolidasi ke titik-titik relawan dan bersilaturrahim dengan fungsionaris PAN, PKS dan PDIP,” ujar Tim Keluarga Prof Andalan, Mirza.

Tampak beberapa elit partai koalisi Prof Andalan diantaranya Ketua PKS Selayar, Arfianto Ridwan, Ketua PDIP Selayar, Anas Kasman, sejumlah anggota DPRD dan beberapa pengurus partai lainnya.

Diketahui, Prof Andalan adalah pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang paling pertama mendaftar di KPU diusung oleh tiga partai yakni PAN, PKS dan PDIP. (rIs)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

News

Jelang Tes Kesehatan, NH Tak Miliki Persiapan Khusus

Published

on

Agakareba.com, Makassar – Menjelang tahapan pemeriksaan kesehatan, calon Gubernur Sulsel, Nurdin Halid diketahui tak melakukan persiapan khusus. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Tim GNH17, Irwan Muin, Rabu (10/1/2018).

“Pak NH tidak ada persiapan khusus untuk tes kesehatan. Insya Allah, beliau selalu dalam kondisi fit dan bugar,” ujarnya.

Irwan menuturkan, Mantan Ketua Umum PSSI ini selalu rutin berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Rutinitas yang terus dilakukan di sela padatnya aktivitas NH disebut Irwan sebagai bekal dalam tes kesehatan nantinya.

“Kesehatan tidak bisa dipersiapkan dalam satu malam, tapi dengan menjaga pola hidup sehat sehari-harinya. Pak NH rutin olahraga dan menjaga pola makan serta istirahat yang cukup saja,” bebernya.

Diketahui, Mantan Manager PSM ini memang sudah terlanjur cinta dengan dunia olahraga. Selain sepak bola, dirinya juga lihai bermain voli serta kerap bermain tenis. Terakhir, usai pendaftaran ke KPU Sulsel, pasangan Abdul Aziz Qahhar ini menyempatkan diri untuk bermain tenis di Lapangan Tenis Karebosi, Senin (8/1/2018) kemarin.

Saat ini, NH masih aktif menjalankan perannya sebagai Ketua Umum Golkar Sulsel. Ia memastikan turut hadir pada deklarasi pasangan calon Bupati-calon Wakil Bupati Wajo, dr. Baso Rahmanuddin-Anwar Sadat, Selasa (9/1/2018) malam ini.

Pemeriksaan kesehatan untuk pasangan calon gubernur-calon Wakil Gubernur Sulsel mendatang akan dipusatkan di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar. Pemeriksaan kepada pasangan calon akan dilakukan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulsel, Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulsel, dan Himpunan Psikolog Indonesia (HIMPSI) Sulsel pada Jumat, 12 Januari nanti. (rls)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

News

Semen Tonasa Wakafkan 4.000 Alquran, Ini Misinya

Published

on

Agakareba.com, Makassar – PT Semen Tonasa mendukung gerakan cinta Alquran. Makanya, sebanyak 2.000 Alquran diwakafkan kepada pengurus PKK Kota Makassar. Lalu 2.000 eksamplar lainnya diserahkan kepada Ketua Dewan Pembina Forum Kajian Cinta Alquran (FKCA) Sulsel.

Wakaf Alquran dilaksanakan oleh Kerukunan Istri Karyawan Semen Tonasa (KIKST).

Penasihat KIKST, Hastuti Subhan mengatakan, tujuan dari wakaf Alquran tersebut adalah untuk menggalakkan membaca Alquran di masyarakat khususnya generasi muda Kota Makassar.

“Sehingga, nuansa religius masyarakat Kota Makassar bisa lebih meningkat lagi,” katanya dalam rilis, Selasa (2/1/2018).

Aksi ini juga wujud dukungan PT Semen Tonasa terhadap program wakaf Sejuta Alquran Kementerian BUMN. “Semen Tonasa mungkin akan menjadi pelopor bagi BUMN lainnya melalui kegiatan ini,” imbuhnya.

Hastuti menambahkan, wakaf Alquran akan terus digalakkan PT Semen Tonasa di seluruh daerah pasarnya.

Wakaf diterima oleh masing-masing ketuanya. PKK Kota Makassar oleh Indira Jusuf Ismail. FKCA Sulsel oleh Majdah MZ Agus Arifin Nu’mang. (fo)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending

Redaksi media Agakareba.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), publikasi Press Release, dan dukungan Media Partner, serta kerjasama bisnis lainnya.
© Media Agakareba.com termasuk salah satu anggota jaringan Media Agakareba Group (MAG).
Email :
redaksi@agakareba.com
WA Center :
0878-15557788 , 0855-7777888
© Terbit Sejak 16 Maret 2017