Connect with us

Makassar

PLN : Enam Proyek Pembangkit Serap 5.400 Pekerja

Published

on

Direktur Utama PLN, Sofyan Basir.

Agakareba.com, Sidrap – PT PLN mencatat enam proyek pembangkit listrik di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah yang diresmikan Presiden Joko Widodo, mampu menyerap 5.400 tenaga kerja dalam negeri.

“Hal ini tentu akan memberikan multiplier effect yang besar bagi masyarakat. PLTB Sidrap misalnya, penyerapan tenaga kerja sebanyak 1.150 orang, meliputi 1.100 pada saat konstruksi dan 50 pada saat operasi. Serta material pondasi dan tiang-tiang buatan lokal,” ujar Direktur Utama PLN Sofyan Basir di Sidrap, Selasa (3/7/2018).

Enam proyek pembangkit listrik itu merupakan bagian dari Program 35.000 Mega Watt yang dicanangkan sejak 2015.

Menurut Sofyan, pembangunan enam pembangkit listrik yang melibatkan tenaga kerja dalam negeri tersebut, total penyerapan tenaga kerja mencapai 5.400 orang, sehingga dapat mengurangi pengangguran. Selain itu, Sofyan menambahkan yang terpenting dengan beroperasinya tiga pembangkit listrik dengan total daya 545 MW itu dapat meningkatkan pelayanan PLN untuk mencukupi kebutuhan listrik di Sulawesi.

Saat ini PLN Wilayah Sulselrabar melayani sebanyak 2,7 juta pelanggan dengan sistem kelistrikan yang memiliki daya 1.600 MW serta beban puncak 1.100 MW pada Sistem Sulbagsel.Dengan demikian PLN masih memiliki cadangan daya 500 MW yang dapat memasok ke pelanggan. Seiring dengan telah masuk sistem beberapa pembangkit baru, pada 2018, cadangan daya lebih dari 500 MW.”Sulawesi Bagian Selatan memiliki cadangan daya atau reserve margin sebesar 30 persen. Daya listrik yang cukup ini diharapkan dapat menarik investor,” tambah Sofyan.

Terkait perkembangan Program 35.000 MW, hingga Juni 2018, total daya pembangkit yang telah kontrak sebesar 32.281 MW. Pembangkit yang beroperasi sejak 2015 secara keseluruhan sebesar 9.016 MW. Khusus Program 35.000 MW, pembangkit yang beroperasi sebesar 2.114 MW dan yang masih proses konstruksi sebesar 16.686 MW. PLN akan terus meningkatkan rasio elektrifikasi untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat secara merata. Salah seorang warga Desa Lainungan, Kabupaten Sidrap, Sulsel Yusuf berharap pertambahan proyek-proyek pembangkit khususnya PLTB Sidrap dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat sekitar. “Mudah-mudahan dengan adanya PLTB ini, layanan PLN dapat lebih baik lagi dan bisa merekrut pekerja-pekerja di Desa Lainungan dan Mattitotasi,” katanya. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meresmikan PLTB Sidrap, di Desa Mattirotasi, Kecamatan Watang Pulu, Sulsel dihadiri Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Direktur Utama PLN Sofyan Basir serta anggota DPR dan pejabat teras PLN.

Ada enam proyek pembangkit listrik di wilayah Sulsel dan Sulteng diresmikan presiden, tiga diantaranya beroperasi yakni, Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap dengan kapasitas daya 75 MW. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Punagaya dengan kapasitas daya 2×100 MW dan PLTU IPP Jeneponto Ekspansi dengan kapasitas daya 2×135 MW. Selanjutnya, peletakan batu pertama atau groundbreaking PLTU Sulsel Barru-2 dengan kapasitas daya 100 MW, groundbreaking Pembangkit Listrik tenaga Mesin Gas (PLTMG) Luwuk dengan kapasitas 40 MW dan groundbreaking Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Jeneponto dengan kapasitas 72 MW. (dar)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Makassar

Wali Kota Hebron Palestina Jajaki Kerjasama Makassar

Published

on

Makassar dengan Palestina memiliki ikatan yang sangat erat. Hampir tiap bulan kita kedatangan tamu-tamu seperti Imam mesjid dari Palestina.

Agakareba.com, Makassar – Wali Kota Hebron, Palestina Mr Tayseer Abu Sneinah menjajaki peluang kerja sama dengan Pemerintah Kota Makassar usai bertemu dengan Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto di rumah jabatannya di Jalan Penghibur. “Hari ini ada beberapa rangkaian yang kami lakukan di Makassar dan salah satunya bertemu dengan wali kota serta menjajaki peluang-peluang kerja samanya,” ujar Mr Tayseer Abu Sneinah di Makassar, Senin (17/9/2018).

Mr Tayseer Abu Sneinah yang didampingi Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Alshun merasa senang bisa berada di Indonesia khususnya di Makassar setelah melihat langsung perkembangan kota serta keramahan warga Makassar. “Kota Hebron (Khalil) adalah kota tertua di Palestina. Seperti Makassar kota kami sangat Islami sekali, sekaligus asal nabi Ibrahim AS. Banyak persamaan antara kota Makassar dan Hebron,” ucap Tayseer.

Dengan banyaknya persamaan itu, kata Taseyeer, dirinya berharap hubungan kerja sama keduanya bisa saling melengkapi satu sama lain. Selain itu mantan pendakwah di Palestina ini berharap agar kedepan hubungan kerjasama Makassar dan Hebron bisa semakin memperkuat persaudaraan dan silaturrahmi Indonesia dan Palestina. “Karena itu juga saya selalu mendorong agar masyarakat Hebron selalu mencintai masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Makassar,” katanya.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyambut hangat kunjungan tersebut. Menurutnya, Makassar dengan Palestina memiliki ikatan yang sangat erat. “Hampir tiap bulan kita kedatangan tamu-tamu seperti Imam mesjid dari Palestina. Simpati masyarakat Indonesia dengan isu-isu kemanusiaan di Palestina juga sangat tinggi.

Kita banyak menyumbang untuk itu, sehingga ini akan lebih memudahkan kita untuk melakukan kerjasama kedepan,” katanya. Adapun peluang kerja sama yang digagas ke depannya yakni, manajemen bencana dan krisis, kebijakan publik, pendidikan dan pelatihan, sosial dan budaya, pariwisata dan olahraga, serta bidang-bidang lain yang disepakati. (mhs)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Makassar

Gubernur Sulbar Ajak Insan Perhubungan Intropeksi Diri

Published

on

Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar.

Agakareba.com, Mamuju – Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar mengajak insan perhubungan di daerah itu untuk melakukan instrospeksi, merenungkan kembali kinerja demi meningkatkan pelayanan pada masyarakat dan menjadi wahana meningkatkan prestasi serta memperkokoh rasa persatuan, persaudaraan dan kekeluargaan.

“Hari Perhubungan Nasional 2018 ini sebagai momentum merenungkan kembali kinerja perhubungan demi meningkatkan pelayanan pada masyarakat dan menjadi wahana meningkatkan prestasi serta memperkokoh rasa persatuan, persaudaraan, dan kekeluargaan dengan segenap insan perhubungan di Sulbar,” kata Ali Baal Masdar pada Peringatan Hari Perhubungan Nasional tahun 2018 tingkat Provinsi Sulawesi Barat, di Mamuju, Senin (17/9/2018).

Ini merupakan momentum yang tepat untuk merenungkan kembali tingkat kerja dan berbagai peristiwa yang terjadi di sektor perhubungan dan menyatukan persepsi tekad untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, tambahnya.

Gubernur mengatakan, menyambut baik tema Hari Perhubungan Nasional tahun 2018, yakni ‘Guyub Rukun Untuk Menwujudkan Konektivitas dan Keselamatan Transportasi Yang Lebih Baik’.

“Kami menyambut baik tema Hari Perhubungan yang mencerminkan makna membangun bangsa untuk mempresentasikan bagaimana seluruh elemen sektor perhubungan baik ASN maupun swasta dan masyarakat bersama-sama guyub rukun bersinergi membangun konektivitas guna mewujudkan transportasi yang handal dan berkeselamatan bagi seluruh masyarakat pengguna transportasi di Indonesia,” jelasnya.

Ia menyatakan, keberhasilan pembangunan pemerintah tidak akan berhasil tanpa disertai gotong-royong, sebagai akar dari kebudayaan serta sebagai perwujudan harmoni kebersamaan yang telah menjadi perekat sosial tanpa membedakan suku bangsa dan agama. (amr)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Makassar

Wagub Undang Vale Jajaki Pembentukan Perumda Pertambangan

Published

on

Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman.

Agakareba.com, Makassar – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman mengundang PT Vale untuk menggali informasi dan menjajaki kemungkinan pembentukan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pertambangan.

“Soal Perumda masih dalam kajian, kita pelan-pelan dulu, gali informasi. Setelah itu baru kita lihat nilai komersial, lingkungan dan peluangnya,” kata Andi Sudirman usai menggelar pertemuan dengan Presiden Direktur PT Vale Nico Kanter di Makassar, Senin (17/9/2018).

Terkait pertemuan ini, Andi Sudirman mengatakan pihaknya meminta data yang telah diberikan PT Vale kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), termasuk situasi dan kendala yang ada di lapangan. “Mereka siap membantu, data itu untuk aset kami,” imbuhnya Sementara itu, Presiden Direktur PT Vale Nico Kanter menyebutkan pertemuan dengan Wagub Sulsel membahas rencana penambahan investasi, serta kerja sama antara Pemprov Sulsel dengan PT Vale.”Kita selalu bekerjasama dan bersinergi terus dengan pemprov,” ujarnya.

Apa lagi pemprov, lanjutnya merupakan perpanjangantangan pusat berkaitan dengan izin.

Pihaknya juga mengapresiasi rencana Pemprov Sulsel membentuk Perumda Pertambangan. Menurut dia, semua ide yang baik patut dicoba, termasuk pembentukan perumda ini. Sebelumnya Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan pihaknya tengah mengkaji kemungkinan pembentukan perumda baru yang lebih profitable. Menurut Nurdin, perumda seharusnya dapat menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD), dan bukannya membebani APBD. (njp)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending

Redaksi media Agakareba.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), publikasi Press Release, dan dukungan Media Partner, serta kerjasama bisnis lainnya.
© Media Agakareba.com termasuk salah satu anggota jaringan Media Agakareba Group (MAG).
Email :
redaksi@agakareba.com
WA Center :
0878-15557788 , 0855-7777888
© Terbit Sejak 16 Maret 2017