Connect with us

Makassar

OJK Dorong Laku Pandai Layani Daerah Terpencil

Published

on

Ketua OJK Sulampua, Zulmi. (kanan)

Agakareba.com, Makassar – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional VI Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulampua) mendorong pihak perbankan libatkan agen Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) untuk melayani kebutuhan keuangan masyarakat di daerah terpencil.

Ketua OJK 6 Sulampua Zulmi di Makassar, Kamis (5/4/2018) berharap dengan kebijakan seperti itu akan membuat transaksi perbankan semakin besar dan dijangkau seluruh kalangan masyarakat.

“Jadi kita juga mendorong bank-bank yang ada di Makassar ini untuk dapat nasabah yang berada di daerah yang tidak terjangkau,” jelasnya.

Berdasarkan data per Februari 2018 menyebutkan jika jumlah agen Laku Pandai yang beroperasi di ibu kota provinsi Sulawesi Selatan itu telah mencapai 2.060 agen.

Adapun data agen laku pandai di 24 kabupaten/kota di Sulsel yakni yang pertama tentu Makassar dengan sebanyak 2.06o agen (81.344 nasabah), Kabupaten Maros sebanyak 706 agen dengan jumlah nasabah sebanyak 9.608 nasabah.

Selanjutnya Kabupaten Sidenreng Rappang sebanyak 671 agen laku pandai (1.252 nasabah), Kabupaten Gowa sebanyak 605 agen (17.573 nasabah), Kabupaten Bone 572 agen (1.012 nasabah), Kabupaten Pinrang sebanyak 553 agen (3.031 nasabah).

Berikutnya ada Parepare sebanyak 486 agen laku pandai (4.149 nasabah), Kabupaten Luwu sebanyak 463 agen (28.400 nasabah), Kota Palopo sebanyak 438 agen (5.983 nasabah), Pangkajene dan kepulauan sebanyak 373 agen dengan total nasabah sebanyak 11.341 orang.

Disusul kemudian Kabupaten Wajo sebnyak 373 agen (2.271 nasabah), Kabupaten Bulukumba sebanyak 361 agen (5.018 nasabah), Kabupaten Sinjai sebanya 369 agen (7.254 nasabah), Toraja Utara dengan 360 agen (2.473 nasabah), Kabupaten Soppeng sebanyak 343 agen (7.299 nasabah).

Serta Kabupaten Takalar sebanyak 317 agen (11.348 nasabah), Kabupaten Barru sebanyak 303 (9.261 nasabah), Kabupaten Enrekang sebanyak 295 agen (10.014 nasabah), Kabupaten Jeneponto sebanyak 233 agen (26.127 nasabah), Bantaeng sebanyak 211 agen (8.261 nasabah), Kepulauan Selayar sebanyak 122 agen (3.948), Luwu Timur sebanyak 23 agen, Luwu Utara 14 agen, Tanah Toraja 9 agen. Diluar Makassar yang telah menjadi pusat aktifitas perbankan, OJK berharap pihak perbankan bisa lebih fokus memberikan layanan kepada masyarakat yang jauh atau tidak terjangkau perbankan.

Salah satunya dengan mengirim dan menyalurkan para agen laku pandai yang dimiliki perbankan untuk melayani kebutuhan perekonomian masyarakat terpencil.

“Terkait mengapa Makassar (pusat perbankan) yang justru memiliki lebih banyak agen laku pandai, memang ini yang menarik,” ujarnya. (akd)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Makassar

Wali Kota Hebron Palestina Jajaki Kerjasama Makassar

Published

on

Makassar dengan Palestina memiliki ikatan yang sangat erat. Hampir tiap bulan kita kedatangan tamu-tamu seperti Imam mesjid dari Palestina.

Agakareba.com, Makassar – Wali Kota Hebron, Palestina Mr Tayseer Abu Sneinah menjajaki peluang kerja sama dengan Pemerintah Kota Makassar usai bertemu dengan Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto di rumah jabatannya di Jalan Penghibur. “Hari ini ada beberapa rangkaian yang kami lakukan di Makassar dan salah satunya bertemu dengan wali kota serta menjajaki peluang-peluang kerja samanya,” ujar Mr Tayseer Abu Sneinah di Makassar, Senin (17/9/2018).

Mr Tayseer Abu Sneinah yang didampingi Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Alshun merasa senang bisa berada di Indonesia khususnya di Makassar setelah melihat langsung perkembangan kota serta keramahan warga Makassar. “Kota Hebron (Khalil) adalah kota tertua di Palestina. Seperti Makassar kota kami sangat Islami sekali, sekaligus asal nabi Ibrahim AS. Banyak persamaan antara kota Makassar dan Hebron,” ucap Tayseer.

Dengan banyaknya persamaan itu, kata Taseyeer, dirinya berharap hubungan kerja sama keduanya bisa saling melengkapi satu sama lain. Selain itu mantan pendakwah di Palestina ini berharap agar kedepan hubungan kerjasama Makassar dan Hebron bisa semakin memperkuat persaudaraan dan silaturrahmi Indonesia dan Palestina. “Karena itu juga saya selalu mendorong agar masyarakat Hebron selalu mencintai masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Makassar,” katanya.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyambut hangat kunjungan tersebut. Menurutnya, Makassar dengan Palestina memiliki ikatan yang sangat erat. “Hampir tiap bulan kita kedatangan tamu-tamu seperti Imam mesjid dari Palestina. Simpati masyarakat Indonesia dengan isu-isu kemanusiaan di Palestina juga sangat tinggi.

Kita banyak menyumbang untuk itu, sehingga ini akan lebih memudahkan kita untuk melakukan kerjasama kedepan,” katanya. Adapun peluang kerja sama yang digagas ke depannya yakni, manajemen bencana dan krisis, kebijakan publik, pendidikan dan pelatihan, sosial dan budaya, pariwisata dan olahraga, serta bidang-bidang lain yang disepakati. (mhs)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Makassar

Gubernur Sulbar Ajak Insan Perhubungan Intropeksi Diri

Published

on

Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar.

Agakareba.com, Mamuju – Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar mengajak insan perhubungan di daerah itu untuk melakukan instrospeksi, merenungkan kembali kinerja demi meningkatkan pelayanan pada masyarakat dan menjadi wahana meningkatkan prestasi serta memperkokoh rasa persatuan, persaudaraan dan kekeluargaan.

“Hari Perhubungan Nasional 2018 ini sebagai momentum merenungkan kembali kinerja perhubungan demi meningkatkan pelayanan pada masyarakat dan menjadi wahana meningkatkan prestasi serta memperkokoh rasa persatuan, persaudaraan, dan kekeluargaan dengan segenap insan perhubungan di Sulbar,” kata Ali Baal Masdar pada Peringatan Hari Perhubungan Nasional tahun 2018 tingkat Provinsi Sulawesi Barat, di Mamuju, Senin (17/9/2018).

Ini merupakan momentum yang tepat untuk merenungkan kembali tingkat kerja dan berbagai peristiwa yang terjadi di sektor perhubungan dan menyatukan persepsi tekad untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, tambahnya.

Gubernur mengatakan, menyambut baik tema Hari Perhubungan Nasional tahun 2018, yakni ‘Guyub Rukun Untuk Menwujudkan Konektivitas dan Keselamatan Transportasi Yang Lebih Baik’.

“Kami menyambut baik tema Hari Perhubungan yang mencerminkan makna membangun bangsa untuk mempresentasikan bagaimana seluruh elemen sektor perhubungan baik ASN maupun swasta dan masyarakat bersama-sama guyub rukun bersinergi membangun konektivitas guna mewujudkan transportasi yang handal dan berkeselamatan bagi seluruh masyarakat pengguna transportasi di Indonesia,” jelasnya.

Ia menyatakan, keberhasilan pembangunan pemerintah tidak akan berhasil tanpa disertai gotong-royong, sebagai akar dari kebudayaan serta sebagai perwujudan harmoni kebersamaan yang telah menjadi perekat sosial tanpa membedakan suku bangsa dan agama. (amr)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Makassar

Wagub Undang Vale Jajaki Pembentukan Perumda Pertambangan

Published

on

Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman.

Agakareba.com, Makassar – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman mengundang PT Vale untuk menggali informasi dan menjajaki kemungkinan pembentukan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pertambangan.

“Soal Perumda masih dalam kajian, kita pelan-pelan dulu, gali informasi. Setelah itu baru kita lihat nilai komersial, lingkungan dan peluangnya,” kata Andi Sudirman usai menggelar pertemuan dengan Presiden Direktur PT Vale Nico Kanter di Makassar, Senin (17/9/2018).

Terkait pertemuan ini, Andi Sudirman mengatakan pihaknya meminta data yang telah diberikan PT Vale kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), termasuk situasi dan kendala yang ada di lapangan. “Mereka siap membantu, data itu untuk aset kami,” imbuhnya Sementara itu, Presiden Direktur PT Vale Nico Kanter menyebutkan pertemuan dengan Wagub Sulsel membahas rencana penambahan investasi, serta kerja sama antara Pemprov Sulsel dengan PT Vale.”Kita selalu bekerjasama dan bersinergi terus dengan pemprov,” ujarnya.

Apa lagi pemprov, lanjutnya merupakan perpanjangantangan pusat berkaitan dengan izin.

Pihaknya juga mengapresiasi rencana Pemprov Sulsel membentuk Perumda Pertambangan. Menurut dia, semua ide yang baik patut dicoba, termasuk pembentukan perumda ini. Sebelumnya Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan pihaknya tengah mengkaji kemungkinan pembentukan perumda baru yang lebih profitable. Menurut Nurdin, perumda seharusnya dapat menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD), dan bukannya membebani APBD. (njp)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending

Redaksi media Agakareba.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), publikasi Press Release, dan dukungan Media Partner, serta kerjasama bisnis lainnya.
© Media Agakareba.com termasuk salah satu anggota jaringan Media Agakareba Group (MAG).
Email :
redaksi@agakareba.com
WA Center :
0878-15557788 , 0855-7777888
© Terbit Sejak 16 Maret 2017