Connect with us

Health & Sex

Bahaya Minum Kopi Kelebihan untuk Kesehatan

Published

on

Agakareba.com, Makassar –  Buat sebagian orang, minum secangkir kopi merupakan salah satu keharusan dalam setiap aktivitas yang mereka lakukan. Berbagai alasan sering mewarnainya seperti untuk mengusir rasa kantuk serta menjadi penyemangat untuk memulai aktivitas padat yang akan mereka jalankan.

Minum kopi dalam jumlah yang wajar memang tidak berdampak buruk bagi kesehatan. Namun, minum kopi secara berlebihan bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Kopi memang menjadi salah satu minuman favorit. Di samping aromanya yang khas juga rasanya yang nikmat di lidah. Namun, jangan terlena terhadap itu semua. Ini dikarenakan banyak sekali dampak buruk dari kopi jika di konsumsi secara berlebihan.

Berikut adalah beberapa efek buruk yang harus diwaspadai jika Anda minum lebih banyak kopi daripada yang dibutuhkan tubuh Anda, seperti dilansir laman India Times.

Bahaya Minum Kopi Berlebihan

1. Kopi mungkin tidak membuat Anda merasa waspada dalam jangka panjang. Kopi memang diketahui mampu meningkatkan detak jantung Anda dan memberi Anda energi instan. Namun, dalam jangka panjang, peminum kopi secara teratur menjadi toleran terhadap kafein, yang membuat mereka menjadi lebih tidak waspada.

2. Kopi bisa mengganggu produksi kortisol Anda. Tingkat kortisol Anda paling tinggi saat Anda bangun di pagi hari. Ini adalah kortisol yang membantu Anda merasa terjaga. Minum kopi di pagi hari akan memengaruhi produksi kortisol dan akhirnya menyebabkan tubuh Anda bergantung padanya.

3. Kopi bisa berkontribusi pada lingkar pinggang yang meluas. Ganti kopi Anda dengan susu utuh daripada kopi hitam, karena hal ini bisa menghemat hingga setidaknya 160 kalori. Faktanya, asam klorogenik yang ditemukan dalam kopi hijau yang terbuat dari kacang yang tidak terkendali dapat membantu menurunkan berat badan dengan mempercepat laju di mana tubuh Anda membakar lemak.

4. Minum kopi pada saat perut kosong bisa menyebabkan kembung dan nyeri. Ya, minum kopi pada perut kosong hal pertama di pagi hari bisa merangsang cairan pencernaan, seperti produksi asam klorida (HCL), meski tidak cukup makanan untuk dicerna. Asam lambung kemudian bisa mengiritasi lapisan usus Anda yang menyebabkan rasa sakit dan kembung. Demikian seperti dikutip Fajaronline.com (jpg)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Health & Sex

Begini Bahayanya jika Daging Kurban Dibungkus Kantong Kresek Hitam

Published

on

Agakareba.com, Makassar – Sebuah pesan diterima redaksi Jawa Pos (Grup FAJARONLINE.COM) kemarin. Si pengirim pesan bukan ingin menyebarkan hoax. Justru dia ingin menanyakan kebenaran pesan berantai yang didapatnya. ”Ini hoax atau bukan?” tanya si pengirim pesan. Pesan berantai yang dikirim itu terkait dengan penggunaan kantong kresek untuk daging kurban.
Isi pesannya begini. Institut Pertanian Bogor (IPB) mengimbau agar daging kurban tdk dimasukan dlm kantung kresek berwarna hitam. Dosen Fakultas Kedokteran Hewan IPB, Yusuf Ridwan, menyatakan tas kresek berwarna hitam mengandung zat pewarna yg bisa tercampur dg daging & disinyalir mengandung zat karsinogen yg bisa mnyebabkan kanker. ”Kami imbau masyarakat menggunakan tas kresek putih atau transparan,” ungkapnya. Sekali lagi, Tolong ingatkan ke panitia qurban utk tdk pake tas kresek/plastik hitam.
Terkait dengan penggunaan plastik hitam, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pernah mengeluarkan rilis resmi pada 14 Juli 2009. Ada tiga poin penting dalam rilis tersebut. Pertama, kebanyakan kantong kresek hitam memang produk daur ulang.
Kedua, lantaran kantong itu produk daur ulang, tidak mudah diketahui riwayat penggunaan sebelumnya. Misalnya, apakah plastik yang didaur ulang itu sebelumnya digunakan sebagai wadah pestisida, limbah rumah sakit, limbah logam berat, kotoran hewan atau manusia, dan sebagainya.
Ketiga, BPOM mengimbau agar kantong plastik daur ulang tidak digunakan untuk mewadahi langsung makanan siap santap. Kata langsung pada rilis itu sengaja dibuat tebal sebagai penekanan.
Kepala Pusat Penelitian Kimia LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) Agus Haryono mengatakan, keamanan kresek hasil daur ulang bagi kesehatan memang tidak bisa dijamin. ”Tapi, yang harus diingat, plastik daur ulang itu tak selalu berwarna hitam. Bisa juga berwarna lain,” katanya. Khusus plastik berwarna putih atau transparan, kebanyakan berbahan plastik orisinal, bukan daur ulang.
Soal apakah daging kurban berbahaya jika ditempatkan dalam plastik daur ulang berwarna hitam, Agus menjelaskan bahwa migrasi senyawa berbahaya dalam plastik daur ulang bisa terjadi karena beberapa faktor. Bisa saja memang terjadi pada daging yang mengandung lemak atau minyak. ”Minyak atau lemak yang menempel pada plastik bisa menyebabkan terjadinya migrasi, apalagi jika terkena panas sinar matahari langsung,” jelas dia.
Ahli kimia lainnya berpendapat hampir sama. Plastik daur ulang rentan kandungan karsinogen yang berbahaya untuk kesehatan. ”Kalau untuk daging, seharusnya tidak bereaksi, kecuali dagingnya terpapar panas tinggi. Tapi, memang lebih baik dihindari menggunakan plastik hitam,” ujar ahli kimia dari salah satu perusahaan swasta di Batam, demikian seperti dikutip dari fajaronline.com (jpg)

Author : Redaksi


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Health & Sex

Kulit Bawang Merah Ternyata Efektif Redakan Nyeri Sendi

Published

on

Agakareba.com, Makassar – Bawang merah dan khasiatnya cukup familiar di Indonesia termasuk Sulsel. Ada beberapa penelitian terkait hal tersebut.

Hal berbeda dilakukan Ummu Aiman, mahasiswa semester lima Fakultas Kedokteran Unhas. Ia justru menggunakan kulit bawang merah sebagai bahan penelitiannya. Hasilnya, kulit jenis rempah yang mudah ditemui ini memiliki fungsi bagi kesehatan.

Ummu menemukan efektivitas limbah kulit bawang merah (Allium cepa) terhadap penanda Arthritis. Arthritis merupakan penyakit nyeri pada sendi yang biasa diderita orang-orang di usia produktif. “Kulit bawang merahnya dicuci kemudian dikeringkan dan di-disortasi, setelah itu dimaserasi dengan etanol 96% untuk mendapatkan ekstraknya,”paparnya.

Lebih lanjut, Ummu Aiman menjelaskan bahwa kulit bawang merah mengandung flavanoid yang berfungsi sebagai antiinflamasi dan antioksidan. “Menurut hasil histopatologi, ekstrak limbah kulit bawang merah pada dosis 300mg/kgbb lebih efektif dibandingkan dengan obat antinyeri,” singkatnya.

Pengamatan pun dilakukan dengan menggunakan mikroskop. “Yang dilihat di mikroskop itu sel-sel radang, erosi atau kerusakan tulang dan lain-lain,”tutupnya, demikian seperti dikutip dari fajaronline.com (mg17)

 

Author : Alief Sappewali


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending